Memahami Apa Itu Sunni Versi Bulan Ramadlan

Diposkan oleh Komentar Bulan Ramadlan
Komentar Bulan Ramadlan :::  Memahami Apa Itu Sunni Versi Bulan Ramadlan
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله  اللهم صل وسلم على سيدنا محمد  وعلى اله وصحبه 
Setelah saya membahas Ahlus Sunnah Wal Jama'ah yang sebenarnya jauh dari selesai saya akan melanjutkan tulisan saya di blog ini mengenai Sunni.

Sunni tidak bisa lepas penjelasannya dari Ahlus Sunnah Wal Jama'ah karena Sunni adalah kata lain dari Ahlus Sunnah Wal Jama'ah.

Kalimat Sunni itu diambil dari kalimat Ahlus Sunnah Wal Jama'ah namun hanya difokuskan kepada kalimat "SUNNAH"nya saja. kalimat terakhir menggunakan huruf YA' yang menunjukkan nisbat yang mana artinya nanti ialah "AHLI MELAKUKAN SUNNAH".

Ada yang menyatakan Sunni adalah sebutan mereka yang di luar Ahlus Sunnah Wal Jama'ah kepada kelompok Ahlus Sunnah Wal Jama'ah, entah kalimat sunni tersebut pembenaran atau ejekan yang dimaksudkan kepada golongan yang mengaku-ngaku ahli sunnah menurut mereka, saya sendiri kurang paham karena saya tidak menemukan rujukan mengenai penjelasan tersebut.

Di luar sunni pada masa dahulu banyak golongan yang tidak bermadzhab, walau pun bermadzhab namun imam mereka bukanlah imam yang bisa dipercaya dan masih kontroversi mengenai pemahamannya atau akhlaknya atau sikapnya atau keilmuannya.

Ada juga yang mengklaim bermadzhab imam A namun pada kenyataannya dalam banyak hal bertentangan dengan sang Imam. tidak jauh beda dengan yang menyatakan ikut Nabi Isa namun malah melakukan hal hal yang dilarang oleh Nabi Isa 'Alaihissalam sendiri.

Dari zaman ke zaman Ahlus Sunnah Wal Jama'ah terkenal selalu bermadzhab dan pantas saja apabila banyak ulama memberikan penjelasan atau penisbatan kepada kelompok madzhab itu sendiri, seperti penganut madzhab 4 imam besar dalam islam.
Sunni selalu bermadzhab, namun tidak semua yang bermadzhab itu sunni (Ahlus Sunnah Wal Jama'ah selalu bermadzhab, namun tidak semua yang bermadzhab adalah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah)

Jadi dengan penjelasan saya ini semakin lengkap pula penjelasan saya yang sebelumnya, yaitu penjelasan saya yang ada di tulisan yang berjudul "Definisi Ahlus Sunnah Wal Jama'ah Secara Umum Versi Bulan Ramadlan".
Dan sekarang anda bisa melihat lebih jernih lagi kelompok mana yang lebih dominan termasuk Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. dan untuk saat ini saya cukupkan dulu tulisan saya sampai disini, dan semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum..

{ 6 komentar... read them below if any or add comment }

Ahlus Sunnah Wal Jama'ah mengatakan...

mantap, ane suka postingan yg jelas kayak ini.
syukron dan ane tunggu postingan selanjutnya bro

bro mengatakan...

Bro..nama kena hapus hehe

Ramadlan mengatakan...

Maaf bro..nama ente kena hapus, soalnya ane lagi tes edit template hehe

Ramadlan mengatakan...

Waduh kok gini template ane ini

Ramadlan mengatakan...

tes lagi

Ramadlan mengatakan...

Sip..sudah kembali kepada semula bro..terima kasih atas kunjungannya bro, nanti tak kunjungi balik

Posting Komentar