Pengertian Fiksi Dan Fiktif CR Bulan Ramadlan

Diposkan oleh Komentar Bulan Ramadlan
Komentar Bulan Ramadlan ::: Pengertian Fiksi Dan Fiktif  CR Bulan Ramadlan
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه
Fiksi adalah kalimat yang cukup banyak dicari saat ini karena berhubungan dengan masalah yang dikaitkan kepada Rocky Gerung. Sekarang Rocky Gerung ini dilaporkan karena dianggap melecehkan agama yang dipermasalahkan adalah kalimat yang dipotong yaitu "Kitab Suci Fiksi". saya tidak akan panjang lebar membahas Rocky Gerung disini karena saya sekarang ini membahas makna dan pengertian fiksi.

Oke, kita kembali kepada pengertian fiksi dan fiktif.

Fiksi adalah cerita atau latar yang berasal dari imajinasi—dengan kata lain, tidak secara ketat berdasarkan sejarah atau fakta. Fiksi bisa dieskpresikan dalam beragam format, termasuk tulisan, pertunjukan langsung, film, acara televisi, animasi, permainan video, dan permainan peran, walaupun istilah ini awalnya dan lebih sering digunakan untuk bentuk sastra naratif, termasuk novel, novella, cerita pendek, dan sandiwara. Fiksi biasanya digunakan dalam arti paling sempit untuk segala "narasi sastra".

Karya fiksi merupakan hasil dari imajinasi kreatif, jadi kecocokannya dengan dunia nyata biasanya diasumsikan oleh audiensnya.Kebenaran dalam karya fiksi tidak harus sejalan dengan kebenaran yang berlaku di dunia nyata, misalnya kebenaran dari segi hukum, moral, agama, logika, dan sebagainya. Sesuatu yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata bisa saja terjadi di dunia fiksi. Dengan demikian, fiksi umumnya tidak diharapkan untuk hanya menampilkan tokoh yang merupakan orang nyata atau deskripsi yang akurat secara faktual. Alih-alih, konteks fiksi, yang tidak persis berpatokan pada dunia nyata, secara umum dipahami sebagai sesuatu yang lebih terbuka terhadap interpretasi. Tokoh dan peristiwa di dalam dunia fiksi mungkin berlatar di dalam konteks mereka sendiri yang sepenuhnya terpisah dari dunia nyata: suatu semesta fiksi yang mandiri. Fiksi merupakan lawan kata untuk nonfiksi, yang tokoh-tokohnya memegang tanggung jawab untuk hanya menampilkan fakta sejarah dan faktual; akan tetapi, perbedaan antara fiksi dan nonfiksi bisa menjadi tidak jelas, misalnya dalam sastra pascamodern.

ini diambil dari wikipedia.

sedangkan menurut KBBI

Fiksi/fik·si/ n 1 Sas cerita rekaan (roman, novel, dan sebagainya); 2 rekaan; khayalan; tidak berdasarkan kenyataan: nama Menak Moncer adalah nama tokoh -- , bukan tokoh sejarah; 3 pernyataan yang hanya berdasarkan khayalan atau pikiran.


Fiktif Menurut KBBI

Fiktif/fik·tif/ a bersifat fiksi; hanya terdapat dalam khayalan: cerita “Pengantin Kali Ciliwung” ini adalah cerita -- belaka; bulan ini ia terpaksa membuat laporan -- kegiatan yang dikelolanya

Sedangkan Fiksi dengan definisi Rocky Gerung dia mendefinisikan bahwasanya Fiksi itu adalah sesuatu yang bisa mengaktifkan imajinasi.
Jadi beda antara fiksi secara umum dengan fiksi yang dipahami tidak secara umum atau secara juz atau secara bagian, kelompok atau perorangan.

{ 0 komentar... read them below if any or add comment }

Posting Komentar